Ingin Membuat Bisnis? Ini Cara Memulai Bisnis Dari Nol!

langkah berbisnis sendiri

Karena orang ingin instan dalam membuka bisnis sehingga lebih memilih meminjam modal pada bank atau memanfaatkan kartu kredit. Padahal dengan menggunakan itu justru sulit menciptakan uang. Karena orang berpikir air minum mentah untuk apa dibeli bukankah bisa memasak sendiri. Namun di perjalanan AQua justru banyak dicari orang karena kepraktisan dan kehigienisannya. Dan sekarang bisa dilihat berkat keberaniannya keluar dari zona nyaman perusahaan yang dia didirikan menjadi salah satu perusahaan air minum kemasan yang mendunia. Motivasi tersebut juga dilakukan oleh pendiri Lele Lela, Rangga Umara.

Sesuaikan usaha yang akan dibuka dengan kemampuan, minat, atau bakat yang kita miliki, namun tanpa meninggalkan peluang pasar. Banyak pengusaha sukses karena memilih bidang yang mereka sukai dan menjalani bisnis dengan senang. Atau cari jenis usaha yang belum pernah ada sehingga terkesan unik dan menarik. Bisa juga usaha yang sudah ada di pasaran namun peluangnya cukup besar. Dua tahun kemudian usahanya pun berhasil dia mendapatkan suntikan dana dari Softbank sebesar USD 100juta. Sehingga bagi Anda yang baru memulai usaha jangan kaget jika sewaktu-waktu permintaan berubah baik.

Cara memulai usahanya cukup unik karena tak ide bisnis dan hanya modal nekat. Karena kantor tempat kerjanya menderita kerugian sehingga satu persatu temannya di PHK. Dan sebelum dirinya mendapat giliran di PHK dia memutuskan untuk membangun usaha. Pemilik jaringan usaha Kemfood dan Kemchick ini menyarankan jika ingin memulai bisnis, maka lakukanlah jangan terlalu banyak berpikir. Manfaatkan semaksimal mungkin kehadiran media sosial dan berbagai kanale-commerceataumarketplaceuntuk memasarkan produk Anda. Jangan sungkan mempromosikan bisnis di akun media sosial Anda.

Namun, untuk proses awal akan lebih baik apabila anda menyiapkan modal yang cukup. Jika anda yakin memiliki konsep usaha yang unik, anda bisa mengajukan dana ke bank. Atau anda juga bisa menghubungi rekan untuk bekerja kolektif dalam masalah pendanaan. Namun, jika bukan memungkinkan juga, dikau bisa menghubungi titisan anda untuk menghasilkan bisnis yang dikau inginkan. Untuk merintis usaha sendiri dikau perlu merencanakan seluruh hal yang dibutuhkan. Hingga konsep nun akan dikerjakan pula biar harus matang di dalam awal kali merintis. Hal ini berperan untuk melihat kapital yang akan dikau perlukan.

langkah berbisnis sendiri

Itulah yang dilakukan oleh pendiri-pendiri marketplace atau eCommerce di Indonesia. Sejak tahun 2005, industri digital Indonesia mulai berkembang pesat. Orang-orang lebih memilih berbelanja lewat online dibandingkan berbelanja ke pasar. Orang terkaya nomor dua di dunia, Warren Buffet ternyata mematahkan anggapan kebanyakan orang yang memulai bisnis itu modalnya harus didapat dari bank.

Bila perlu, colek satu-satu teman Anda yang potensial menjadi pelanggan. Dengan menawarkan produk berkualitas dan layanan yang baik, bisnis Anda kelak bisa terbantu dari promosi mulut ke mulut aliasword of mouthmarketing. Anda juga bisa memanfaatkan jurus promosi memanfaatkan iklan online baik itu melalui Facebook atau Instagram. Optimalkan juga grup-grup Whatsapp dan komunitas yang Anda ikuti. Untuk urusan modal sangat tergantung pada konsep usaha yang akan dibuka. Jika usaha tersebut merupakan usaha menengah ke atas tentu akan berbeda dananya dengan usaha yang kecil.

Jika tidak ketika permintaan pasar tak sesuai dengan bisnis Anda kemungkinan bisnis Anda akan tumbang. Apa yang sedang menjadi trend saat ini jangan sampai Anda membuka usaha yang sudah ketinggalan zaman.